Ketergantungan Merokok(Percaya Diri)

Pada saat ini rasa kurang percaya diri pada remaja dimanifestasikan dengan berbagai cara baik dengan cara positif maupun negatif. Cara yang positif untuk membangun rasa percaya diri yaitu dengan menciptakan definisi diri positif, memperjuangkan keinginan yang positif, mengatasi masalah secara positif, memiliki dasar keputusan yang positif. Sedangkan cara yang negatif untuk membangun rasa percaya diri yaitu sulit menerima realita diri (terlebih menerima kekurangan diri) dan memandang rendah kemampuan diri sendiri namun di lain pihak memasang harapan yang tidak realistik terhadap diri sendiri. Cenderung melakukan tindakan negatif yaitu dengan merokok atau menggunakan zat adikitif seperti narkoba, sehingga dengan menggunakan zat tersebut remaja cenderung lebih merasa percaya diri (Jacinta, 2002).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1).Tingkat ketergantungan merokok dan 2).Tingkat percaya diri, dan untuk mengetahui 3). Apakah ada hubungan antara ketergantungan merokok dengan percaya diri pada siswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Ketergantungan Merokok diukur dengan angket ketergantungan merokok dan percaya diri diukur dengan skala percaya diri. Subyek penelitian adalah 60 Siswa SMAN 2 Blitar. Reliabilitas diperoleh dengan rumus Cronbach Alpha untuk ketergantungan merokok sebesar 0,724 dan untuk percaya diri sebesar 0,746. Teknik analisis untuk menguji signifikansi hipotesis korelasional adalah dengan uji Korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan 1). Sebanyak 18,3 % dari siswa mempunyai tingkat ketergantungan merokok yang rendah. 58,3 % siswa memiliki tingkat ketergantungan merokok sedang. 23,3 % siswa memiliki tingkat ketergantungan merokok tinggi. 2). 21,7 % siswa mempunyai tingkat percaya diri yang rendah. 61,7 % siswa memiliki tingkat percaya diri sedang.16,6 % siswa memiliki tingkat percaya diri tinggi. 3). Terdapat korelasi antara Ketergantungan Merokok dengan Percaya Diri, (r = -0,90 p <>

Saran dari penelitian ini yaitu mengendalikan remaja dari dorongan untuk penggunaan rokok dan ketergantungan rokok. Mengadakan program atau kegiatan yang dapat meningkatkan percaya diri yaitu kegiatan penyuluhan tentang bahaya merokok.

Komentar

Ranny Rachma Suci mengatakan…
rokok membuat kanker(kantong kering)lho
mang_roy mengatakan…
setuju bos ngerokok bikin dada gue sesak coba dari dulu gue ga kenal tuch rokok pasti g, sehat and kaya karena uangnya bisa dikumpulin buat beli motor he...he..h...